Advertisement

Mengatasi Bau Mulut denga Cara Yang Tepat

SelokBesuki
Thursday 21 September 2017

Siapa sih yang suka sama Bau mulut?

Bau Mulut adalah salah satu penyakit dari sekian banyak penyakit yang ada di dalam mulut dan gigi yang efeknya sangat mengganggu. 

Bukan saja karena menimbulkan rasa tidak nyaman pada diri sendiri, tetapi juga menyebabkan sensasi tidak enak bagi orang lain. Tak heran, bila kasus bau mulut sering kali menimbulkan perasaan rendah diri dan merusak semangat bersosialisasi Anda.


Apa penyebab bau mulut?

Bau mulut banyak sumbernya. Yang paling sering menjadi penyebab adalah karena rongga mulut tidak terpelihara kebersihannya. Banyaknya  sisa makanan yang tertimbun di sela-selag gigi yang akhirnya membusuk. 

Atau bisa jadi adanya gigi yang keropos dan sisa makanan membusuk didalamnya. Selain itu, gigi yang sudah terinfeksi atau banyak gigi berlapis karang juga bisa menjadi sumber utama penyebab bau mulut ini.

Selain dari masalah gigi, bau mulut juga bisa berasal dari amandel yang rusak dan membusuk. Oleh karena itu, amandel yang begini harus dibuang. Bisa juga penyebab bau mulut ini berasal dari dalam, seperti gangguan pada lambung, demikian juga dengan paru-paru. Bau mulut juga bisa berasal dari peradangan sinus yang sudah lama.

Bagaimana mengetahui bau mulut?

Cara paling efektif untuk mengetahui apakan Anda menderita bau mulut atau tidak adalah dengan cara jilat punggung tangan Anda, kemudian ciumlah. 

Cara ini jauh lebih menjamin hasil yang pasti daripada hanya sekedar membaui napas, karena hidung kita biasanya sudah kebal terhadap bau napas.

Nah, jika bau mulut ini sedang ada rasakan dan anda miliki, segera lakukan petunjuk yang sangat berguna berikut ini:

  • Segera berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab utama bau mulut Anda. Masalahnya bisa dipicu oleh penyakit dalam atau kondisi gigi itu sendiri. 
  • Dokter akan menyarankan Anda untuk segera menambal gigi berlubang, membersihkan karang gigi dan plak, serta mengobati infeksi yang mungkin saja ada di dalam mulut.
  • Benahi pembersihan gigi Anda. Mulai saat ini Anda harus membersihkan dengan seksama dengan jadwal yang benar dan sikat gigi yang baik. 
  • Acara Ritual pembersihan gigi dapat diawali dengan dental floss atau membersihkan celah–celah gigi dengan benang khusus untuk gigi. Tindakan itu untuk membersihkan sisa makanan yang terselip di celah gigi terutama sehabis mengkonsumsi makanan seperti daging.
  • Dapat juga menggunakan obat kumur yang dapat mengurangi peradangan gusi dan perlekatan plak gigi. Namun untuk pemakaian jangka panjang selama masih bisa menyikat gigi dengan benar, sebaiknya tidak usah berkumur setiap hari.
  • Perbanyak konsumsi buah dan sayur, serta minumlah banyak air putih, sebisa mungkin jangan biarkan mulut Anda kering. Teguk air putih atau kunyahlah sayuran dan buah.
  • Sesekali Anda juga boleh mengunyah permen pengharum mulut.
  • Berihkan lidah Anda.
  • Sikat gigi setelah selesai bersantap besar.
Itulah beberapa tips cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap, semoga bermanfaat untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda kembali dalam beraktivitas bersama sahabat dan rekan-rekan Anda.