Advertisement

TIPS MEMILIH LOTION YANG TEPAT UNTUK KULIT ANDA

SelokBesuki
Friday 22 September 2017

Pada umumnya lotion yang ada dipasaran mudah cocok untuk setiap kulit. Meski demikian alangkah, alangkah baiknya jika kita lebih teliti dalam memilihnya.

Berikut ini ada tips menarik yang dikemukakan oleh Dr. Edy Karta, SpKK berkaitan dengan bagaimana kita memilih lotion yang baik untuk kulit kita.

Cara memilih lotion yang baik


Cermati produk, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit dan kondisi lingkungan Anda.
Bacalah terlebih dahulu bahan-bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kulit kita.

Misalnya jika tujuan kita untuk mencerahkan, maka pilihlah yang mengandung whitening, untuk melindungi dari polusi pilih yang mengandung antioksidan dan lain sebagainya.
Bagi kulit yang kering gunakan lotion yang sedikit lebih berminyak, misalnya body butter.
Yang perlu Anda ingat adalah, hentikan pemakaian produk jika terjadi alergi.

Bagaimana jika salah pilih lotion?


Jika Anda salah dalam memilih lotion yang tepat atau sesuai dengan kulit, biasanya akan timbul alergi atau gatal. Beberapa hal ini yang harus Anda lakukan jika salah pilih lotion:


Jangan panik dan berganti-ganti produk lotion saat kulit bermasalah. Masalahnya adalah terletak pada kondisi kulit yang membelah, sehingga jika Anda terus memaparkan lotion diatasnya meskipun dengan produk yang berbeda, maka kulit akan menyerapnya terus.
Berikan kesempatan pada kulit untuk menutup terlebih dahulu dan memperbaiki serta meregenerasi sel-selnya dengan cara menghindarkan paparan produk lotion di atasnya.
Cukup berikan minyak, misal minyak zaitun pada kulit untuk 1-2 hari.


Berbagai macam lotion yang perlu Anda ketahui

Berikut ini beberapa ragam dari produk lotion yang wajib Anda ketahui agar tidak salah dalam menentukan lotion mana yang tepat dengan jenis kulit Anda.

1. Body lotion


Body Lotion mengandung lebih banyak minyak pelembab. Sangat baik digunakan untuk kulit normal yang cenderung kering, tidak ada masalah khusus serta yang sering terekspose suhu ekstrim seperti sinar matahari atau AC.


Penggunaan Body Lotion yang terbaik adalah sehabis mandi pada semua bagian kulit tubuh dan diulangi penggunaannya setiap kali kulit terasa kering.

2. Body Cream

Body cream bentuknya lebih pekat daripada lotion. Body cream paling baik digunakan pada kulit yang paling kering, seperti lengan dna kaki.


Keduanya tidak memiliki kelenjar minyak sebagaimana dada dan punggung. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan saat bagian tersebut berjerawat.

3. Body Butter

Body butter memiliki kadar kelembaban paling tinggi. Kadar lemaknya yang tinggi membuat bentuknya seperti mentega (butter) yaitu seperti cream kental.


Sangat baik digunakan pada kulit yang ekstra kering, pecah-pecah, dan kasar terutama area siku, lutut, tumit, dan kaki. Gunakan segera setelah mandi pada seluruh bagian tubuh.