Advertisement

Manfaat Senyum Dan Tertawa Bagi Kesehatan Tubuh

SelokBesuki
Tuesday 9 April 2019

Senyum yang tulus / ikhlas dengan
Senyum yang pura-pura / terpaksa, efeknya Sama positifnya


Patch Adams ( USA )
"Jika seseorang sedang tersenyum (baik dipaksa ataupun ikhlas), maka otaknya mengeluarkan serotonin yang berfungsi meningkatkan system kekebalan tubuhnya"

Bila orang yang sedang tidak dalam kondisi bahagia, bila ia tersenyum maka otak tetap mengeluarkan zat-zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sekaligus bisa meringankan kondisi psikologisnya.

"Jadi senyum yang kita lakukan adalah antibody yang paling spektakuler bagi rahasia kekebalan tubuh kita. Oleh karena itu, jangan pernah disia-siakan, TERSENYUMLAH". :) :) :)  


Itu kan Yang di Atas bahas tersenyum....

Bagaimana dengan tertawa ?

Kegembiraan yang meluap dari sebuah senyum akan bermuara pada "tawa". Jadi senyum dan tawa merupakan mata rantai yang sulit dipisahkan rangkaiannya. Sehingga kalau senyum saja bermanfaat maka tertawa bisa memberikan manfaat berlipat ganda.

"Manfaat yang diperoleh dari senyum ternyata akan semakin berlipat ganda bila ditambah dengan tertawa" 
( Joan Coggin, MD. USA ).

Masa kanak-kanak rata-rata tartawa 400 x / hari
Masa dewasa – tua tertawa tinggal 15 x / hari


Bagaimana dengan kita ?

"Tertawa memberikan relaksasi dan mengurangi stress. Setelah meninggikan sampai jumlah tertentu tekanan darah dan irama jantung tertawa langsung menurunkannya lagi sehingga sensor-sensor perseptif meningkat dan menyebabkan anda sanggup menghadapi tugas dengan baik" 
( Joan Coggin, MD. USA )


Manfaat lain :

"Tertawa bisa mengurangi tingkat hormon stress di dalam tubuh dan memberikan dampak terhadap sistem kelelahan tubuh"  
( Dr. Lee. S. Berg, USA )

"Mereka yang banyak menonton film komedi mampu menemukan solusi kreatif dalam memecahkan soal – soal puzzle" 
( Alice M. Isen Ph.d,Psikolog USA )

"Aktivitas tertawa meningkatkan detak jantung dan memperbaiki sirkulasi di jaringan otot yang membantu perjalanan nutrisi-nutrisi dan oksigen ke dalam jaringan tubuh" 
( Prof. William Fry, USA )

Sesudah tertawa, badan menjadi terasa rileks dan tenang. Disamping itu tertawa sangat ampuh untuk meringankan sakit kepala, sakit pinggang dan depresi.

"Tertawa akan menggerakkan bagian dalam tubuh, mengaktifkan sistem endrokin sehingga mendorong penyembuhan suatu penyakit" 
( Dr. William Fry, USA )

"Tertawa bisa mencegah serangan jantung"
(Dr. M. Miller, Direktur Centre for Preventive Cardiology Maryland Med. Centre. Baltimore, USA )

"Tertawa bisa membantu mereka yang sudah tua renta untuk tetap awet tua, sementara yang muda tetap awet muda, serta mempererat hubungan antar anggota keluarga"
( Prof. Dr. Lucille Namehow, USA )

Dr. Madan Kataria "Guru tertawa" (India) dalam bukunya "Laugh for no Reason" mengatakan : Tertawa terus menerus  akan memberikan pijatan kepada seluruh pencernaan dan juga akan memperbaiki pasokan darah keseluruh organ internal. Maka, tertawa adalah kegiatan merangsang peredaran darah yang membantu mengangkat nutrisi keseluruh tubuh, selain memperkuat alat-alat pernapasan yang memasok oksigan ke dalam tubuh


Tersenyum dan tertawa akan merangsang otak untuk memproduksi hormon tertentu yang pada akhirnya akan memicu pelepasan "endrofin" ( asam amino di dalam tubuh yang bekerja mengurangi rasa sakit)

Jadi, BERBAHAGIALAH dan TERTAWALAH....
minimal TERSENYUM 
(tapi yo golek,o konco disek rek nek kate senyum n guyu, Ojo Koyok aku ngene iki guyang guyu dewe waktu ngetiki hihihihihi) 

Mosok kalah Karo ngisor IKI.....