Advertisement

Luka itu.... Oh.. Indahnya Luka

SelokBesuki
Tuesday 29 August 2017

Hidup adalah proses pembelajaran, kita selalu bisa menikmati momen indah, tapi yang pasti harus belajar dari momen yang buruk.... sehingga dalam cinta, berhentilah mencari yang sempurna, karena yang kita butuhkan adalah dia yang tahu ketidak-sempurnaan kita, tapi tetap ingin bersama selalu

Aku hanya punya rasa terharu yang amat sangat saat kulihat kalian saling melengkapi sore itu, bahkan rasa tak karuan ini menghentikan langkahku untuk mendekati dan membantu mereka...dan hanya menatapnya dari tempatku berdiri.

Masih teringat jelas saat kau menangis karena luka hati yang kau pendam bertahun-tahun karenanya, berapa kali kau curahkan perasaanmu sekedar mengurangi beban yang ada di hatimu, sehari, seminggu hingga berganti bulan...

tak kurang-kurangnya kata bijak yang kau dengar, tak bosan pula kau cerita tentang kejelekannya, keburukannya...bahkan kejahatannya melukai hatimu, dan aku hanya berusaha mengerti lukamu dengan menjadi penengah diantara kalian, sedih...kecewa....bingung...membuatku diam dan menempatkan diri menjadi yang terbaik buat kalian,...

dan aku bahagia saat kau kembali mendatangiku dengan senyum mengembang dibibirmu...bercerita bagaimana kau berusaha memaafkannya walaupun sulit melupakannya....aku tak peduli karena bagiku senyummu adalah matahari bagiku dan senyumnya adalah jiwa ragaku...kau tahu betapa berartinya kalian buatku!

Perubahan demi perubahan dilakukannya untukmu sebagai rasa penyesalan yang luar biasa karena telah melukai hatimu, berusaha menjadi seperti yang kau inginkan...menjadi seperti yang kau mau...dan kalian menemukan arti cinta sesungguhnya disaat senja...hhhmmm romantis banget!

Kukira semua akan selesai dengan kebahagiaan yang kalian rasakan sekarang ini, namun ternyata tidak! malam itu kau datang membawa hasil test laboratorium, USG, darah dan kencing dari hasil pemeriksaan benjolan di payudara kirimu yang selama ini kau miliki.

aku bingung menatap semua tulisan2 medis yang samasekali aku tak tahu artinya kecuali tulisan DICURIGAI GANAS.

Aku tahu saat itu wajahmu menyembunyikan rasa kekhawatiran dan ketakutan yang luar biasa....entah mengapa rasa sakit itu harus hadir disaat kalian merasa bahagia, hingga akupun berusaha meyakinkan bahwa itu hanya benjolan yang tidak ganas karena tak ada satupun ciri yang menunjukan gejala ke arah sana....

Selama 31th benjolan itu bersemayam didadamu...dari kelenjar biasa menurut keterangan dokter waktu itu karena kau tidak menyusui...tiba-tiba dalam seminggu sudah menjadi TUMOR.

satu...dua...tiga..empat jam pun berlalu saat tiba2 perawat memanggil kami untuk masuk ke ruang operasi...kau tahu? Iapun bergegas masuk dan ternyata saat itu hanya ditunjukan hasil pengangkatan benjolan untuk kemudian dicek ulang di lab agar tahu tingkat keganasannya....dan dengan wajah kuyu ia kembali ke ruang tunggu.

akhirnya kamipun memutuskann masuk ruang operasi sekedar memastikan apa yang telah terjadi denganmu, seluruh persendianku tiba-tiba terasa hilang saat dokter bilang hasil lab dari benjolan itu, GANAS dan kau sedang menjalani operasi kedua saat itu juga utk pengangkatan payudara..., kulihat dalam ketegaran wajah bapak terdapat luka yang tak bisa kujelaskan saat menatapku dengan seulas senyum tipis...

tak terasa air mataku lebih menguasai perasaanku saat itu....maaf bu, hanya itu yang keluar dari bibirku, terbayang bagaimana aku saat memberikan semangat untukmu, bagaimana aku bisa mengatakan bahwa benjolan itu tidak ganas dan sejuta bagaimana agar kau yakin bahwa semua itu demi kesehatan dan kebaikanmu...sungguh aku tak ingat saat itu bagaimana seandainya hal ini terjadi, kehilangan sesuatu yang sangat berharga untuk seorang wanita dalam usia senjapun.

hhhhmmmm,

bertahun-tahun kalian hidup bersama, hampir seluruhnya terisi tanpa tahu apa dan bagaimana CINTA buat kalian..., beriring bersama namun tak sejalan...melangkah berdua namun tak bergandengan, itu yang kau rasa....

hingga akhirnya dalam sisa kebersamaan kalian, dengan saling mengerti, saling memaafkan, saling menyadari ketidaksempurnaan masing2 dan berjanji kembali dengan jiwa dan kasih sayang yang baru kau temukan arti cinta itu bagimu, namun ternyata bahagiamu kali ini harus kembali teruji dengan rasa sakit yang tak pernah terduga ini.

dan....luka hati kali ini telah menautkan kembali rasa saling memiliki, saling memberi, saling membutuhkan dalam balutan cinta kasih yang luar biasa bagi kalian....indahnya luka itu!